Sabtu, 22 Januari 2011

ngekos???

Minggu pagi yang berawan, tadi sempet juga gerimis. Hmmhh… hari minggu gini jarang banget rumah terasa sepi. Biasanya pagi-pagi gini suasana rumah udah ribut karna adek2ku. Biasanya didapur berisik karna suara kuali yang beradu dengan sendok masak. Suara umi yang lagi nyiapin sarapan.

Tapi pagi ini??

Sepi. Hweleh. Asing banget rasanya kalo rumah sepi. Saking jarangnya rumah ini sepi. Maklumlah, aku dengan banyak adek ini bisa jadi alasan kenapa rumah selalu ramai. Adaaa aja yang diributkan adek2ku. Kalo bukan rebutan mainanlah, rebutan alat2 tulislah, ato rebutan chanel tv. Semuanya bisa jadi rame. Tapi pagi ini karna umi, abi dan adek2ku sejak kemaren sore pergi ke luar kota, jadinya minggu pagiku seperti ini. Sepi -_-“

Sebenernya aku gak sendirian sih. Masih ada satu orang adekku lagi yang tinggal di rumah. Jadi kami hanya berdua dirumah. Tapi adekku yang satu ini hobinya di depan komputer terus. Kalo ga ada adek2 yang laen ga bakal heboh. Main game. Kalo ga diingetin untuk berhenti, dia ga bakal berhenti maen walau malam udah larut banget. Kuat dia buat begadang karna maen game. Ampun dah, padahal dia baru kelas lima SD. Mungkin bentar lagi matanya bakal berminus. Ckckck.

Lagi sepi2 gini, aku jadi kepikiran…. Gimana ya rasanya ngekos??
Ga bakal ada umi ato abi, apalagi adek2ku. Tiap pagi pasti bakal terasa sepi. Apa rasanya sama dengan waktu aku di pesantren dulu ya? Tapi di pesantren pagi2 malah lebih rame di bandingkan dirumah. Hmmhh…. Pengen banget ngerasain gimana rasanya ngekos. >_<
Mungkin aku bakal ngerasain lagi homesick kayak di pesantren dulu. Kangen rumah… kangen adek2ku… kangen umi abi. Mungkin kalo masalah homesick aku bakal terbiasa. Bekal 3 tahun dipesantren rasanya udah cukup buat mengatasi masalah homesick itu. Tapi sulitnya hidup ngekos itu yang mungkin akan sulit untuk aku biasakan.

Nyari makan sendiri, ngurus diri sendiri, kalo begadang ya begadang sendirian. Kalo sekarang pergi pulang sekolah ato les bisa minta dianterin abi. Kalo ntar ngekos, pulang pergi bakal sendirian. Ngurus keuangan sendiri. Ngatur waktu sendiri. Hadeuh, pasti susah.

Wajar juga kalo umi abi masih berat ngebiarin anak gadisnya yang manis ini(jiaaah) ngekos. Jadi inget dengan pembicaraanku ama umi tentang ngekos ini.

Umi : teteh yakin ntar kuliah mau ngekos?
Aku : yep!(jawabku mantap).
Umi : ntar gimana kalo pas pergi ke kampus teteh lupa ngunci pintu kosan? Kebiasaan teteh kan gitu. -_-“
Aku : ah, ga bakal mi. hehe.
Umi : ntar gimana kalo pas keluar kamar kosan teteh lupa matiin kipas angin? Sekarang aja kalo ga diingetin tu kipas angin dikamar teteh ga bakal pernah mati.
Aku : (hweleh). Hmm…. Mungkin sekali2 iya mi. hehe.
Umi : hmm, umi takut aja teteh lupa ngunci kamar kosan sebelum tidur. Malam2 kan ngeri. Apalagi diluar sana tu orang jahat dimana2. tau banget kalo itu tempat kosan cewek. Pasti adaaa aja yang ngincer. Ngeliat di berita2 tentang gadis2 yang jadi korban sekarang aja umi ngeri. Na’uduzubillah banget. Kalau teteh lupa ngunci kamar sebelum tidur gimana??
Aku : ………….

Wewwh. Aku jadi merinding sendiri. >_< Aaaaaaa…… umi nakutin aku aja nih. Yah, gimana yah. Kadang aku juga khawatir dengan kecerobohanku yang ga sembuh2 ini. Ampuuuun dah. Aku ga pernah minta jadi orang kayak gini. Tapi ga mudah juga untuk ngubah sifatku yang satu ini. Ceroboh bin pelupa. Pelupanya mungkin turunan dari abiku. Cerobohnya, haduh, ya mungkin emang dari aku sendiri. Pelupanya dari abiku?? Haha. Iya, aku ngambil asumsinya begitu. Tapi abi ga pernah terima kalo aku bilang sifat jelekku ini turunan dari beliau. Ah, umiku aja mengakui. Haduhaduuh -_-“ Hmm… selain ceroboh ama pelupa. Masih ada satu sifatku lagi yang bikin umi abi berat untuk ngelepasku sekolah diluar kota Padang. Aku yang mudah percaya ama orang. Astaghfirullah…. >_< Pernah waktu itu aku tertipu ama tukang ojek. Hasilnya, yang seharusnya aku bayar 3 atau 5 ribu, aku malah bayar 15 ribu! Nyampe rumah langsung kena marah ama umi. Hwaaaaa…. Kumaha atuh?? Pantes kalo ada adekku yang pertama, silsilah keluarga jadi berubah. Dia yang jadi anak pertama, aku yang jadi anak kedua. Gimana nggak, selain karna dia cowok, dia jauh banget lebih dewasa dari aku. Lebih bisa dipercaya kalo dilepas keluar. Udah gitu, dia yang badannya jauh lebih tinggi bikin aku bener2 terlihat seperti adeknya. -_-“ Ah, tapi aku yakin. Keadaan bakal ngubah sifatku ini. Aku yakin aku bisa berjuang diluar sana walau sendiri. Lagipula, nantinya pasti ada teman2 yang bakal saling ngejagain. Kehidupan ala kosan…. Aku pengen cepet2 ngerasainnya. Aaarrrggh! Kalo gitu sekarang aku harus balik lagi berkutat dengan buku2 soal! Mudah2an jalanku menuju cita2ku itu dimudahkan oleh Allah…. Amiiiin! >_<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar